Tunggu Keputusan PUPR Pembangunan Jembatan Paralel I Kapuas Kalbar

oleh
Ilustrasi Gambar.

Kalimantan Barat, Borneo24.com – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyebut pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I masih menunggu keputusan pemerintah pusat. Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menunggu jawaban Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai pelaksana.

“Karena untuk pembangunan jembatannya sumber dananya dari APBN,” ujar Edi dikutip dari inews pada Rabu (8/9/2021).

Edi mengatakan, Pemkot Pontianak telah menyelesaikan pembebasan lahan yang diperlukan untuk pembangunan jembatan ini.  Selanjutnya Pemkot Pontianak akan menyampaikan berkas-berkas yang diperlukan kepada Kementerian PUPR termasuk data lahan-lahan yang telah dibebaskan.

“Untuk pembebasan lahan tidak ada masalah karena semua sudah kami bayarkan. Hanya tersisa satu konsinyasi yang dititipkan ganti ruginya di pengadilan,” ujarnya.

Edi menambahkan, total anggaran yang dikeluarkan untuk pembebasan lahan sebesar Rp43,7 miliar. Selain pembebasan lahan yang telah diselesaikan pembayarannya, Detail Engineering Design (DED) juga telah rampung.

Dia berharap pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I.

Menurut Edi, kehadiran jembatan tersebut merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan itu. Selain itu juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama di Kecamatan Pontianak Timur dan Utara.

“Karena kondisi arus lalu lintas yang melintasi kawasan di sana sering terjadi kemacetan,” katanya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.