10 Makanan Khas Kalimantan Utara

oleh
Makanan Khas Kalimantan Utara

Kalimantan Utara,Borneo24.com – Provinsi yang tergolong baru di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2012 dengan ibukota yaitu kota Tarakan. Letak provinsi termuda di Indonesia ini berbatasan langsung dengan Malaysia, bagian Sabah dan Serawak. Berikut adalah makanan khas Kalimantan Utara berserta dengan cemilan dan makanan tradisionalnya :

1. Makanan Tradisional Lawa, Makanan Khas Kalimantan Utara

Lawa merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan Utara yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat Kalimantan Utara. Makanan ini merupakan makanan khas Kerajaan Bulungan, salah satu kerajaan di daerah Kalimantan Utara. Dengan bahan bahan segar seperti timun dan rumput laut, membuat lawa sangat berguna untuk mengurangi kolesterol maupun tekanan darah tinggi dikarenakan terlalu banyak menyantap menu berprotein hewani tinggi.

2. Kepiting Soka, Kuliner Tradisional Khas Tarakan

Kepting soka menjadi primadona dikalangan para pecinta kuliner, disamping rasanya yang lezat, kepiting ini memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Kepiting merupakan makanan yang rendah lemak, sumber mineral, tinggi protein dan vitamin. Disamping itu, kepting juga mengandung Selenium yang berperan dalam mencegah kanker dan perusakan kromosom serta meningkatkan daya tahan terhadap infeksi virus dan bakteri.

3. Tumis Keppah, Kuliner Tradisional Khas Favorit Kota Tarakan

Tumis Keppah sendiri merupakan makanan tradisional khas yang menjadi favorit di kota Tarakan. Adapun keppah sendiri merupakan salah satu jenis kerang laut yang banyak ditemui di Tarakan. Keppah merupakan bahan makanan yang mengandung banyak protein. Sangat cocok bagi kalian yang ingin memenuhi pasokan protein dalam tubuh.

4. Tudai, Makanan Tradisional Khas Tanjung Selor

Tudai merupakan kerang berdaging tebal yang memiliki cangkang berwarna hitam dan jingga. Kalian dapat menemukan kerang ini di daerah Bulungan. Tudai biasa disajikan dengan direbus atau dijadikan sambal goreng. Makanan ini biasa disajikan pada acara-acara tertentu seperti pesta pernikahan. Selain itu, kalian juga dapat dengan mudah menemui kuliner ini di daerah Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

5. Nasi Udang, Makanan Tradisional Khas Malinau

Nasi Udang juga merupakan salah satu kuliner laut andalan di Kalimantan Utara. Makanan ini berasal dari daerah kabupaten Malinau. Udang terkenal dengan mafaatnya yang dapat menyeimbangkan jumlah hormon dalam tubuh, mencegah penyakit kanker, jantung, diabetes, dan anti depresi. Selain itu udang juga mengandung omega 3 yang sangat berguna untuk perkembangan otak anak.

6. Dodol Cempedak dan Rumput Laut, Ceminal Khas Kalimantan Utara

Lempok ataupun dodol merupakan cemilan manis yang dibuat dengan bahan buah tertentu yang dicampur dengan tepung ketan atau semacamnya. Hal yang unik dari dodol/lempok yang satu ini adalah bahan pembuatannya yang terbuat dari cempedak. Selain cempedak, bahan pembuatan dodol/lempok khas Kalimantan Utara ini adalah rumput laut.

7. Nasi Subut, Kuliner Nikmat Khas Tana Tidung

Makanan khas Kalimantan Utara yang selanjutnya ialah nasi subut. Nasi ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari kabupaten Tana Tidung. Adapun ciri-ciri unik dari nasi subut ialah tidak berwarna putih seperti nasi pada umumnya, namun berwarna ungu.

8. Sate Ikan Pari, Makanan Khas Nikmat asal Sungai Sesayap

Sate ikan pari merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Utara yang sangat nikmat. Menu lauk ini juga sering digunakan sebagai menu pelengkap untuk nasi subut. Uniknya ikan pari yang menjadi bahan dasar pembuatan sate ini banyak tersedia di Sungai Sesayap yang merupakan sungai induk di bagian utara Kalimantan Utara.

9. Ikan Asin Richa, Makanan Tradisional Khas Tarakan

Kuliner yang satu ini berasal dari kota Tarakan yang berada di ujung utara Kalimantan. Di kota ini kalian akan dengan mudah mendapatkan berbagai macam makanan laut, salah satunya adalah ikan asin. Ikan asin khas tarakan ini merupakan salah satu produk unggulan yang sudah di eksport sampai ke negara tetangga.

10. Sate Temburung, Makanan Tradisional Khas Kalut

Temburung merupakan salah satu jenis hewan laut sejenis kerang. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, terdapat banyak sekali kekayaan laut di provinsi ini, salah satunya ialah Temburung. Adapun perbedaan temburung dengan keppah atau kerang lainnya adalah pada bentuk cangkangnya berbentuk melingkar seperti terompet.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.