2.900 Unit Rumah di Kaltara Dapat Program BSPS

oleh
BERKUNJUNG : Hasan Basri saat mengunjungi salah satu rumah yang mendapatkan program BSPS

Kalimantan Utara, Borneo24.com – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), atau yang biasa dikenal sebagai bedah rumah menjadi berkah tersendiri bagi warga Kalimantan Utara (Kaltara).

2.900 unit rumah di Kaltara mendapatkan bantuan langsung dari program BSPS, sepanjang 2020. Bantuan tersebut kini juga sudah dirasakan warga Tarakan. Salah satunya Hasnawiyah, warga Kelurahan Mamburungan.

Menurut ibu anak satu ini, bantuan itu cukup membantu warga dengan ekonomi rendah. Diceritakan Hasnawiyah, sebelum mendapatkan bantuan BSPS itu, ia dan sang suami sulit merehab rumah. Hal itu tak lain lantaran pendapatan suaminya yang kecil.

“Suami saya hanya nelayan, tidak tentu pendapatnya. Hanya cukup untuk makan sehari-hari,” ungkapnya.

Rumah peninggalan mendiang orang tua Hasnawiyah itu terbilang cukup untuk sekedar berteduh dari hujan dan terik matahari. “Saya bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan. Rumah kami ini bisa lah dikata paling buruk sebelum dapat bantuan bedah rumah ini,” cetusnya sambil melihat dinding rumah yang baru saja direhab.

Bantuan program BSPS tersebut datang dari Wakil Ketua Komite II DPD RI, Hasan Basri.
Pria asal Tarakan yang kini mewakili daerahnya itu dianggap sudah banyak membantu warga kurang mampu di Kaltara.

“Kalau saya bisa katakan, puas rasanya menepati niat saya untuk memperjuangkan untuk mendapat program kementerian perumahan ini. Meski ini belum cukup, masih banyak yang memerlukan bantuan serupa,” urainya kala berkunjung ke beberapa rumah program BSPS di Tarakan.

Ada tiga Kelurahan di Tarakan yang mendapatkan program BSPS. Yakni, Kelurahan Mamburungan, Kampung Satu/Skip, dan Pantai Amal.

“Kita serahkan sebanyak 59 unit terdiri dari Kelurahan Mamburungan 20 rumah, Kelurahan Kampung Satu 25 rumah, dan Kelurahan Pantai Amal 14 rumah,” tukasnya.

Dikatakannya, program BSPS ini merupakan program pusat yang telah dialokasikan sejak 2020.

“Kita perjuangkan di 2020 dan sudah berjalan sebanyak 2.900 unit rumah,” sebutnya.

Hasan Basri berjanji akan meningkatkan program BSPS ini pada 2021 mendatang, dengan menambah unit rumah yang akan mendapat bantuan.

“Pastinya kita tingkatkan dan tidak hanya di Tarakan, seluruh daerah di Kaltara kami prioritaskan. 2021 nanti kita tingkatkan menjadi 3.500 unit melalui Dirjen Perumahan Kementerian PUPR,” paparnya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.