Bangun Infrastruktur, Pemkab Bulungan Terima DAK Senilai Rp18 Miliar

oleh
Pemkab Bulungan mendapat jatah Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023 untuk perbaikan lima ruas jalan tahun depan. Anggarannya mencapai Rp18 miliar.

Kalimantan Utara, Borneo24.com Pemerintah Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp18 Miliar untuk sektor infrastruktur yang cukup besar tahun ini.

Pembangunan dan peningkatan jalan masih menjadi perhatian serius untuk diprioritaskan. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Bulungan, Khairul mengatakan, ada beberapa infrastruktur jalan yang akan ditingkatkan tahun ini. Baik melalui DAK maupun juga APBD Bulungan tahun 2023. 

“Jalan lingkungan Tanah Kuning salah satunya yang didanai melalui DAK. Termasuk peningkatan Jalan Meranti – Buluh Perindu. Kemudian yang bersumber dari APBD Bulungan, perbaikan jembatan di Jalan Cendana Tanjung Selor,” ujarnya Senin (23/1/2023).

Realisasi fisik sementara ini masih menunggu proses lelang kegiatan. Diharapkan bisa segera berjalan.

Dia menekankan, paling lambat Februari 2023 mendatang lelang sudah dilakukan.

Jalan infrastruktur sendiri masih merupakan jalan di dalam desa, belum untuk jalan besar yang jumlahnya relatif panjang.

“Dalam desa itu masih kecil paling beberapa kilometer. Capaian DAK relatif kecil dengan akumulasi sekitar Rp18 miliar. Alhasil kita perlu usaha lagi untuk pengusulan di tingkat pusat, melalui Krisna misalnya, ada banyak peluang yang bisa dimaksimalkan. Tiap tahun kita menyampaikan usulan dengan berbagai peluang yang ada,” jelasnya

Khairul mengatakan, usulan biasanya, nilai besar dengan peruntukan pembangunan yang lebih banyak. Namun demikian, tak seluruh usulan disetujui.

Sementara ini jalan dalam desa cukup  terakomodir, sementara antar kecamatan seperti Tanjug Selor – Tanjung Palas Timur direncanakan alokasi pembiayaan pembangunan memungkinkan di luar APBD. Apalagi sebagai kawasan yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Kita usulkan terus, termasuk via Kemenko Marves (Maritim dan Investasi). Sementara belum ada respons untuk itu, tetapi kemungkinan itu akan tetap kita kejar melalui APBN. Begitupun untuk jalan ke arah Tanjung Palas Barat hingga Peso, kita coba makasimalkan usulan melalui Kementerian PU,” pungkasnya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.