Harga Rumput Laut di Kaltara Kian Naik Tergantung Kualitasnya

oleh
saat ini harga rumput laut terus mengalami lonjakan harga tergantung dengan kadar kualitas dari Rp 25.500 hingga Rp 30 ribu perkilogram

Kalimantan Utara, Borneo24.com – Masyarakat di daerah pesisir Nunukan, Kalimantan Utara sebagian besar bekerja sebagai penghasil rumput laut. Hingga saat ini harga rumput laut terus mengalami lonjakan harga tergantung dengan kadar kualitas dari Rp 25.500 hingga Rp 30 ribu perkilogram.

Lonjakan harga tersebut juga dirasakan Andi Mustamsu, seorang warga Kelurahan Nunukan Barat. Andi mengatakan, saat ini harga rumput laut di wilayah Kelurahan Nunukan barat mencapai harga Rp 22 ribu, itu sangat menguntungkan para petani rumput laut maupun masyarakat yang bekerja di bidang rumput laut.

“Saya sangat senang dengan naiknya harga rumput laut saat ini, walaupun belum setara di tempat lain seperti Kelurahan Tanjung Harapan, kampung Mamolo. Saya berharap supaya pemerintah dapat membantu mempertahankan bahkan bisa lebih naik lagi dari harga saat ini,” kata Andi.

Selain itu, Ketua Asosiasi Rumput Laut Mamolo Nunukan, Kamaruddin mengatakan naiknya harga rumput laut itu dilihat dari kualitas rumput lautnya, seperti di Mamolo saat ini harga Rp 25.500 hingga Rp 30 ribu perkilogram di tingkat petani.

“Harga rumput laut sekarang di tingkat petani di mamolo, bervariasi sesuaikan dari kadar, mulai Rp 25.500 sampai Rp 30 ribu perkilogram sesuai dari kadar air,” jelas Kamaruddin, Jumat (21/1/2022).

Kamaruddin berharap harga akan terus bertahan dan kualitas juga lebih semakin baik. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.