Pemerintah Provinsi Kaltara Awasi Harga Kebutuhan Pokok Pasar

oleh
ilustrasi gambar

Kalimantan Utara,Borneo24.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM terus melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan pokok atau sembako di pasar. Terlebih dalam bulan Ramadan, harga di pasaran terus diawasi untuk memastikan tidak ada lonjakan harga yang signifikan, serta ketersediaan tetap ada.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperidagkop dan UMKM Kaltara, Hasriani mengemukakan, sejauh ini pihaknya yang juga termasuk dalam Satgas Pangan di Kaltara terus melakukan pengawasan. Bahkan ada pula tim sendiri di instansinya yang melakukan pemantauan terhadap barang dan jasa yang beredar.

Harga kemarin dan hari ini untuk beras masih sama di Rp16 ribu (per kilogram). Gula ada penurunan dari Rp20 ribu (per kilogram) kemarin, jadi Rp19 ribu (per kilogram). Tepung terigu sama Rp11 ribu (per kilogram), minyak goreng Rp16 ribu (per liter), telur di Rp32 ribu (per kilogram), bawang merah Rp45 ribu (per kilogram) turun jadi hari ini Rp40 ribu (per kilogram), bawang puitih juga ada penurunan dari Rp45 ribu (per kilogram) sekarang Rp40 ribu (per kilogram). Kalau daging sapi segar Rp145 ribu (per kilogram) dan daging ayam kemarin Rp27 ribu (per kilogram) ada kenaikan menjadi Rp28 ribu (per kilogram) serta cabe tiyung kemairn Rp70 ribu (per kilogram) sekarang Rp60 ribu (per kilogram), tuturnya.

Namun, lanjutnya, harga-harga itu diprediksi masih akan mengalami perubahan. Dalam upaya menjaga stabilitas dan ketersediaan bahan pokok, Disperindagkop dan UMKM juga akan menggelar pasar murah tahun ini di semua daerah. Namun dengan mekanisme yang berbeda di tengah pandemi covid-19.

Pihaknya akan berkoordinasi lebih jauh dengan kabupaten dan kota untuk teknis pelaksanaannya. Khususnya untuk distribusi bahan pokok tersebut, akan melibatkan pemerintah di tingkat kelurahan dan desa secara langsung. Pihaknya juga memastikan, harga dalam pasar murah tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET). (***)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.