Pengonsumsi Kalori dari Ikan Terbanyak Ada di Penduduk Kaltara

oleh
ilustrasi Gambar.

Kalimantan Utara, Borneo24.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, penduduk Kalimantan Utara paling banyak mengonsumsi kalori dari ikan per Maret 2020. Rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan di Kalimantan Utara tercatat sebesar 96,9 kilo kalori (kkal).

Posisi kedua ditempati Sulawesi Tenggara dengan rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan sebesar 93,91. Setelahnya ada Maluku dengan rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan mencapai 88,39 kkal.

Kemudian, rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan di Maluku Utara sebesar 88,39 kkal. Di Aceh, rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan mencapai 85,33 kkal.

Sedangkan, rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan di Yogyakarta menjadi yang terendah secara nasional, yakni hanya 25 kkal. Posisinya diikuti oleh Jawa Tengah dan Bali dengan rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan masing-masing sebesar 31,46 kkal dan 36,09 kkal.

Data tersebut menunjukkan bahwa konsumsi kalori per kapita dari ikan belum merata di seluruh Indonesia. Sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)membuat Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

KKP juga menargetkan tingkat konsumsi ikan sebesar 62,5 kg/kapita di tahun 2024. Pelatihan seperti pegolahan hasil perikanan menjadi salah satu strategi KKP untuk mencapai target konsumsi ikan. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.