Dapat Dukungan Dari Kemenhub, Pembangunan Infrastruktur Jadi Prioritas Pemkab Kaltara

oleh
Kunjungan lapangan ke lokasi pembangunan pelabuhan di Desa Bebatu, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan utara

Kalimantan Utara, Borneo24.com – Rencana pengembangan infrastruktur darat dan laut di Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, akan selalu mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan. Baik dari maupun aspek perkembangan teknis.

Mengingat di dalam peraturan aspek administrasi  menteri perhubungan, aspek-aspek itulah yang harus menjadi salah satu komponen pengembangan suatu wilayah. Dari segi anggaran, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kalimantan Utara, Avi Mukti Amin mengatakan, hal ini masih dalam tahap penjajakan.

Meski begitu, kegiatan-kegiatan yang menjadi usulan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung terkait pembangunan pelabuhan, akan tetap menjadi prioritas.

“Masuk kategori prioritas dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran di pemerintah pusat. Mengingat kondisi sekarang Covid-19, kita juga ada refocusing anggaran,” ujarnya.

Pihaknya tengah memperlajari dokumen-dokumen perencnaan yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung. Dia menambahkan, perjalanan rencana pengembangan infrastruktur ini masih panjang. Yang mana dalam satu pembangunan, tidak bisa dilakukan terburu-buru.

Harus melihat kesesuaian tata ruang maupun ketersediaan lahan. Apakah lahan itu memang lahan komersil pengembangan suatu wilayah. Juga, harus melihat bagaimana dengan kelayakan dari dokumen lingkungannya, apakah sudah dapat persetujuan.

“Setelah itu kami koordinasi dan kami laporkan ke Direktorat teknis yang ada di Jakarta, terus kita juga akan melihat persetujuan dari dampak lalulintasnya. jadi masih panjang lah,” lanjutnya .

paling tidak, pihaknya sudah memahami dan sudah mengerti kondisi wilayah yang akan kembangkan ini.

“Kita pasti kan melihat kesesuaiannya ya. Karena tranport dengan sektor lain tidak akan terpisah, jadi harus indikator sistem. Karena indikator sistem itu juga tujuannya untuk efisiensi,” lanjutnya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.