Penipu Berkedok Agama Ditangkap Polresta Palangka Raya

oleh

PALANGKA RAYA, BORNEO24.COM – Satreskrim Polresta Palangka Raya berhasil menangkap pelaku penipuan berkedok agama yang sempat viral media sosial. EKS (34) ditangkap petugas saat berusaha melarikan diri di Kabupaten Kapuas, Sabtu (11/1/2020) kemarin. 

 

Kasat Reskrim Polresta Palangka Raya, Kompol Todoan Gultom, mengatakan modus pelaku berpura-pura berpindah agama dan memanfaatkan belas kasihan dari orang.

 

Dalam aksinya di Palangka Raya, pelaku berpura-pura menjadi Mualaf di Masjid Jalan Mendawai, Palangka Raya. Salah satu satu ustad setempat pun mengajak pelaku untuk tinggal di rumah.

 

“Saat korban ke Banjarmasin, pelaku lalu membawa lari sepeda motor Honda Beat dan uang sebesar Rp1 Juta. Motor lalu dijual seharga Rp4 juta,” katanya, Selasa (14/1/2020).

 

Selain beraksi di Palangka Raya, pelaku ternyata juga beraksi di tempat lain. Melalui modus yang sama, pelaku juga menipu pendeta dengan berpura-pura masuk ke agama kristen.

 

“Barang bukti yang kita amankan dari penangkapan yakni uang Rp1 juta dan sepeda motor. Kita kenakan Pasal 378 KUHPidana tentang penipuan,” tutur Gultom.

 

Sementara EKS ketika diwawancara Borneo24.com mengaku mendapatkan ide penipuan tersebut saat berada di balik jeruji besi.

 

“Dapat ilmu dari teman di penjara. Saya pernah masuk karena kasus narkoba,” akunya.

No More Posts Available.

No more pages to load.