Hari Buruh, Disnakertrans Kalteng Gelar Diskusi Sosial

oleh

Palangka Raya – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Dialog Sosial Penguatan Pelaku Hubungan Industrial, Senin (29/4/2019) pagi. Kegiatan digelar dalam rangkaian peringatan Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei mendatang.

Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng Syahril Tarigan mengatakan dialog sosial penguatan pelaku hubungan industrial merupakan arahan dari Kementerian Tenaga Kerja dalam rangka Peringatan Hari Buruh Internasional.

Sejauh ini hubungan industrial di Kalteng sudah cukup baik. Tidak ada permasalahan besar yang mencuat. Meski di beberapa perusahaan terjadi PHK, namun bisa diatasi dan difasilitasi.

“Semua permasalahan diselesaikan secara baik dengan mengacu peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dialog juga bermaksud menampung permasalahan yang ada untuk dicarikan solusinya,” katanya.

Syahril menuturkan, permasalahan tenaga kerja di Kalteng didominasi terkait jaminan sosial, kesehatan, ketenagakerjaan, pengupahan dan PHK yang tidak prosedural. Namun hampir semua permasalahan yang dilaporkan telah diatasi dengan baik.

“Memperingati May Day ini juga kita melakukan kegiatan jalan sehat, gowes, tarik tambang maupun hiburan dalam rangka mempererat hubungan industrial ini,” pungkasnya. (RP/01)