Joris : ADB Sambut Baik Komitmen Pemkab Kapuas Tuntaskan Kawasan Kumuh

oleh

Kapuas – Ketua tim evaluasi Asian Developmen Bank (ADB) Joris Van Etten menyambut baik kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam keberhasilan penuntasan kawasan kumuh.

Hal ini diungkapkan Joris Van Etten saat melakukan pengecekan dan evaluasi langsung ke lapngan, terhadap titik hospot yang jadi program penuntasan kawasan kumuh di kampung barsih dan Program Naigborhood Uprading and Shelter Project Phase 2 (NUSP 2), di Kelurahan Selat Utara, Selasa (23/4/2019).

“Saya sangat senang bekerja sama dengan teman-teman di PUPR dan Pemerintah Kabupaten Kapuas,walau pun baru pertama di Indonesia dan di Kapuas saya melihat langsung foto kondisi ril sebelum dan sesudah masuknya program NUSP dan masyarakat disini luar biasa” katanya.

Dia mengakui, komitmen Pemerintah Kabupaten Kapuas sangat luar biasa.Bukan saja untuk di kawasan Kampung barasih yang dulunya tidak ada sekarang menjadi luar biasa dan juga mencek langsung program New Site Davelopment (NSD), pembangunan kawasan pemukiman baru bagi masyarakat.

“Memang program NSUP ini diprogramkan di 20 kota dan kabupaten dan berakhir di tahun 2019 ini. Namun mau berdiskusi dengan pemerintah Indonesia untuk program baru, karena program ini sangat luar biasa manfaatnya dan masyarakat diberdayakan” jelasnya.

Dia menambahkan,berdasarkan survei dilapangan ada masukan dari masyarkat dan input dari pemerintah daerah, makanya pihaknya ingin memcetuskan program baru.Program NUSP berhasil diterpakan di Kabupaten Kapuas dan menjadi contoh daerah lain untuk belajar kesini.

“Kabupaten Kapuas sukses dengan program NUSP dan menjadi reverensi untuk daerah lain untuk belajar meresafile kawasan kumuh menjadi kawasan yang bersih. Walau pun masih ada 200 hektar lebih akan belum tuntas akan menjadi perhatian pemerintah provinsi dan pusat untuk menenganinya” pungkasnya. (RP/01)