Membanggakan, Pemdes Pandu Senjaya Sabet Tiga Penghargaan dari Bupati Kobar

oleh
Kades Pandu Senjaya, Kecamatan Pangkalan Lada, Jumilan saat menerima penghargaan dari Pemkab Kobar, Senin (7/6/2021).

Kotawaringin Barat, Borneo24.com – Masyarakat Desa Pandu Senjaya, Kecamatan Pangkalan Lada patut berbangga, pasalnya pemdes setempat berhasil mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Tak tangung-tanggung, Desa Pandu Senjaya berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus. Ketiga penghargaan itu diantaranya, kategori desa mandiri tahun 2020, desa pelaksana terbaik program prioritas nasional bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahun 2020, dan desa kategori kinerja terbaik tahun 2020.

Penyerahan penghargaan ini diserahkan langsung oleh Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah kepada Kepala Desa Pandu Senjaya, Jumilan di Aula Bupati Kobar, Senin (7/6/2021).

Kepala Desa Pandu Senjaya, Jumilan mengatakan penghargaan ini dipersembahkan kepada warga desa yang selama ini sudah banyak memberikan dukungan kepada para aparatur desa.

Ia tidak menyangka bahwa kinerja yang dilakukan selama ini mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Dengan demikian, penghargaan ini merupakan hal yang tidak terduga sebelumnya.

“Di tahun 2019/2020  jumlah warga kami 9278 terbagi 35 RT. Sehingga bantuan ke masyarakat bisa mencapai 70 % dari jumlah KK yg ada. Waktu itu saya  gak mengira dan gak mengharap dapat penghargaan.  Setelah hari ini di panggil, tentu kami sangat senang,” ungkapnya.

Lanjut Jumilan, salah satu program yang mendapat apresiasi dari pemerintah daerah yakni penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD).

Jumilan menjelaskan, untuk memastikan calon penerima tepat pada sasaran, pihaknya sengaja melakukan pemilihan secara selektif dengan melihat kondisi riil di lapangan.

“Yang pertama penyaluran BLT- DD. Kami tau warga kami sangat banyak, saya betul memilah orang yang betul-betul layak untuk diberikan. Sementara yang lain saya usahakan bantuan dari pihak ketiga,” kata Jumilan.

Seperti diketahui, Desa Pandu Senjaya merupakan desa yang cukup padat di Kecamatan Pangkalan Lada. Sehingga, untuk menentukan kelayakan penerima BLT-DD memang menjadi prioritas utama.

“Kemudian di tahun ini ketika melihat ekonomi masyarakat membaik, bantuan itu kami kurangi dan kita arahkan dalam kegiatan yang lebih bermanfaat untuk masyarakat banyak,” terangnya.

Disamping itu, kata Jumilan, pihaknya juga menekankan pentingnya menjalin komunikasi yang baik dengan lintas sektoral dalam mewujudkan desa mandiri.

“Saya selalu koordinasi dengan semua pihak, termasuk pendamping desa. Sehingga Kami tau apa yang bisa saya lakukan,” imbuh Jumilan.

Untuk itu pihaknya menargetkan di tahun 2021 melakukan percepatan pemulihan ekonomi warga di tingkat desa.

Ia meyakini pemulihan ekonomi desa akan memberikan sumbangsih positif terhadap pemulihan ekonomi baik di daerah maupun secara nasional.

“Target kami di tahun ini adalah pemulihan ekonomi. Karena dengan ekonomi yang baik, maka semua bisa kita lakukan dengan baik,” harap Jumilan dengan nada optimis. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.