Ormas Harus Daftar Di Kesbangpol

oleh

BARITO TIMUR – Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) terus melakukan pengawasan terhadap organisasi masyarakat (ormas) atau LSM di wilayah itu. Pasalnya, hingga saat ini terkait legalitas Ormas atau LSM langsung ditangani pusat melalui Irjen Kesbangpol Mendagri pusat. 

Kepala Badan Kesbangpol melalui Kabid Politik dan Kemasyarakatan Kesbangpol Bartim, Ahmat Tundun mengingatkan, supaya setiap ormas maupun LSM yang ada di Bartim bisa mengantongi Surat Keterangan Terdaftar (SKT). SKT bisa didapat dengan langsung mengurus ke Irjen Kesbangpol Mendagri pusat maupun melalui daerah yang juga bisa mengirimkan. 

“Hal tersebut, guna mencegah persepsi menyimpang yang erat kaitannya dalam menunjang pelaksanaan tugas dan tanggungjawab. Bila terdaftar memudahkan ormas maupun LSM karena diketahui oleh pemerintah daerah,” ungkap Ahamat Senin (25/2/2019).

Dia menambahkan hingga akhir tahun 2018 lalu di Kabupaten Bartim, hanya  terdapat 17 ormas dan LSM mengantongi SKT. Sedangkan, di luar itu legalitasnya masih dipertanyakan. Sebab itu kami meminta, agar para pihak yang masih belum mengurus maupun melaporkan legalitasnya di Kabupaten berjuluk Jari Janang Kalalawah bisa segera mendaftar. “SKT berlaku selama lima tahun dengan perpanjangan secara kontinu alias berkelanjutan” timpalnya. 

Menurut Ahmat, apabila sudah terdaftar di provinsi, maka kewajiban di perwakilan daerah hanya menyampaikan keberadaan dan sudah dianggap legal.

“Hal itu berdasarkan Peraturan Mendagri Nomor 57/2017 terkait pengelolaan sistem informasi ormas dan LSM, tata cara memperoleh legalitas melalui SKT diterbitkan pusat” terangnya. 

Ahmat menambahkan, untuk memperoleh SKT, pihak Kesbangpol siap menerima untuk verifikasi dan administrasi dengan dua kemungkinan yakni yang bersangkutan bisa mendaftar secara langsung atau fasilitasi kabupaten. “Segala syarat dan ketentuan bisa ditanyakan langsung ke kantor dan terbuka setiap hari kerja” tandasnya. (RP/01)