Perusak Fasilitas akan dilaporkan ke Polisi

oleh

PULANG PISAU – Rusaknya beberapa fasilitas Taman Kota, khususnya di Taman Sumbu Kurung atau biasa disebut Taman Laut oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Taman itu berada di jalan Tingang Menteng, Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau. Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pulang Pisau, terpaksa harus memperbaiki kembali tulisan (Pulang Pisau) melalui bidang Penerangan Jalan Umum (PJU).

Sementara untuk menyelidiki siapa pelaku perusakan itu, pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pulang Pisau bergerak cepat dan memantau sejumlah Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang disekitar area Taman Sumbu Kurung.

Kepada Reporter Borneo24.com, Kepala Kominfo Pulang Pisau, Moh. Insyafi, pada Selasa (26/2/2019) membenarkan, bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pengecekan CCTV. Menurutnya, ada dua CCTV yang terpasang, yakni CCTV yang berada di area hulu maupun yang di area hilir.

“Nah, posisi CCTV kita itu berada di area hulu yang dimonitor langsung oleh Kominfo Kabupaten Pulang Pisau, bukan di area hilirnya. Untuk mengecek data CCTV itu, saya sudah memerintahkan orang kita untuk mengecek CCTV area hilir yang dimonitor langsung oleh pihak Provinsi” beber Insyafi menjelaskan. Sebab menurutnya, posisi CCTV milik pihak Provinsi itu lah yang kemungkinan besar bisa melihat pelaku perusakan itu.

Ditegaskan Insyafi, pada hari ini (Selasa) petugas dari Kominfo Pulang Pisau tengah meminta data CCTV itu. Sebab menurutnya, untuk posisi CCTV dimana fasilitas taman bertuliskan “Pulang Pisau” itu langsung dimonitor oleh Provinsi.

Insyafi membeberkan, pada tahun 2019 ini pihaknya juga telah melakukan penambahan untuk pemasangan CCTV di area-area strategis dan termasuk penambahan di area taman itu. “Untuk pemasangan CCTV itu, kita nantinya akan membuatkan permohonan kepada Dinas PU maupun Satpol PP, area mana saja yang nantinya harus kita pasang” beber Insyafi.

Lanjut Insyafi, selain membuatkan permohonan ke Dinas PU maupun Satpol PP, pihaknya juga akan melaporkan kepada Kepolisian terkait titik-titik CCTV yang telah di pasang oleh pihaknya dan termasuk meminta pertimbangan kepada Bupati Pulang Pisau. “Intinya di tahun 2019 ini, kita melakukan penambahan pemasangan CCTV itu” ungkapnya. (RP/01)