350 Gram Sabu Dimusnahkan BNNP Kalteng Dari Empat Tersangka

oleh

PALANGKA RAYA – Sebanyak 350 gram narkotika jenis sabu dimusnahkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (10/04/2019). Pemusnahan dilakukan dengan cara melarutkan sabu ke cairan pembersih lantai yang kemudian dikuburkan ke tanah.

Seluruh barang bukti tersebut merupakan hasil penangkapan petugas pada, Rabu (06/03/2019) lalu di Sampit, Kotawaringin Timur. Adapun empat pelaku yang berhasil diciduk yakni AL (29), KT (33) NR (39) dan DE (22). Diketahui, KT (33) merupakan sipir di Lapas Kelas IIB Sampit, sedangkan NR adalah napi narkotika di Lapas tersebut.

Kepala BNNP Kalteng Brigjen Pol Lilik Heri Setiadi melalui Kabid Pemberantasan BNNP Kalteng AKBP I Made Kariada mengatakan tujuan dilaksanakannya pemusnahan baranng bukti untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa barang bukti yang selama ini disimpan tidak disalahgunakan dan dalam rangka menegakkan hukum yang berkeadilan.

“Barang bukti sabu yang kita amankan seberat 369,72 gram. Lalu disisihkan guna kepentingan laboratorium dan persidangan nantinya,” ucap Made membacakan sambutan kepala BNNP.

Diungkapkan, pemusnahan barang bukti adalah implementasi komitmen dari BNNP Kalteng dalam memberantas peredaran gelap narkotika di Kalimantan Tengah. Narkotika di satu sisi untuk kepentingan pelayanan kesehatan atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun disisi lain dapat pula menimbulkan ketergantungan apabila disalahgunakan.

“Sesuai komitmen kita dalam pemberantasan peredaran gelap narkotika. Tim terus bekerja dalam menindak seluruh pemakai, pengedar dan bandar,” ungkapnnya. (RP/01)