DPR RI Soroti PT Ensbury Kalteng Mining : Mereka Tidak Punya Lahan untuk di Tambang, Dorong Cabut Perijinannya

"PT ensbury itu tidak punya lahannya. Itu lahan masyarakat kecuali di beli untuk ditambang , lebih ijinnya di cabut, agar warga bisa bertani atau berkebun”

Jun 18, 2024 - 17:50
 0  143
DPR RI Soroti PT Ensbury Kalteng Mining : Mereka Tidak  Punya Lahan  untuk di Tambang, Dorong Cabut Perijinannya
Penyidik Polda Kalteng Segel Tumpukan Tanah di PT Ensbury Kalteng Mining

Kotawaringin Barat,Borneo24- Anggota DPRI Pemilihan Kalimantan Tengah Bambang Purwanto mengatakan PT Ensbury Kalteng Mining yang ada di Pangkut Kecamatan Arut Utara tidak punya lahan untuk ditambang, oleh sebab itu, dia mendorong Kementerian ESDM untuk mencabut perijinannya apabila perusahaan itu tidak ada dampak positif  ke masyarakat.

Mantan Bupati Kotawaringin Barat itu menjelaskan, selama perusahaan itu masih memiliki kontribusi untuk daerah atau pemerintah, perusahaan itu masih di pertahankan. Namun, apabilan tidak ada kontribusinya seherusnya sudah di cabut. “ memang kontribusi  pajak dari PT Ensbury Kalteng mining itu langsung ke pusat. Akan tetapi, kalau tidak ada kontribusinya lagi  dicabut aja.  PT ensbury itu tidak  punya lahannya. Itu lahan masyarakat kecuali di beli” kata Bambang Purwanto saat di hubungi selasa (18/6).

Dia juga menjelaskan, dengan adanya ijin di lima titik yang mencakup Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Seruyan, didalam ijin tersebut merupakan lahan masyarakat. Harusnya mampu mendongkrak perekonomian warga. “ itu perusahaan sudah lama ada. Seharusnya warga sekitar sudah meningkat perekonomiannya, dan bisa melibatkan warga untuk kerja. Lebih bagus warga berkebun, kalua ijinnya sudah dicabut, biar warga bisa berkebun. Saat ini warg takut dengan adanya ijin tersebut” tutur pria dari Partai Demokrat itu.

Ia berharap  dan meminta Kementerian ESDM untuk melakukan evaluasi dan mengecek PT Ensbury Kalteng Mining yang ada di Pangkut. Sehingga tidak menimbulkan konflik baik perusahaan dengan kontraktor dan juga dengan masyarakat. bersambung….