Siapa Sudiarso Prasetio “ Beli “ PT Ensbury Kalteng Mining Dari Mantan Naripidana Kasus Korupsi Penyuapan? Tidak Punya Lahan, Kerjai Kolam Tanah Kontraktor!

Sudiarso Prasetyo “membeli” PT Ensbury Kalteng Mining dari Pemilik Kedua bernama Johannes Kotjo merupakan Mantan Narapidana Kerupsi Penyuapan anggota DPR RI. Yang paling anehnya, PT Ensbury Kalteng Mining tidak memiliki laha untuk digarap. Seperti dikatakan Mantan Bupati Kotawaringin Barat Bambang Purwanto.

Jun 26, 2024 - 13:48
 0  143
Siapa Sudiarso Prasetio “ Beli “ PT Ensbury Kalteng Mining Dari Mantan Naripidana Kasus Korupsi Penyuapan? Tidak Punya Lahan, Kerjai Kolam Tanah Kontraktor!
Anggota Polsek Arut Utara membantu Penyidik Polda Kalteng Untuk Pemasangan Spanduk di Lokasi tanah yang dikerjakan Kontraktor PT Ensbury Kalteng Mining

Kotawaringin Barat, Borneo24-  Kepemilikan PT Ensbury Kalteng Mining yang ada di Pangkut Kotawaringin Barat menarik untuk di ulas. Pasalnya, perusahan yang bergerak dipertambang emas itu merupakan kontrak karya dari pemerintah. Artinya, setiap pekerjaan dan jual beli atau pengalihan saham harus di ketahui Kementerian ESDM.

Dari data yang didapat, mulai dari tahun 2010 setelah perusahaan tersebut mendapat kontrak karya dari pemerintah untuk 30 tahun depan, belum pernah memberikan kontribusi untuk daerah dan juga masyarakat sekitar.

Bahkan, perusahaan tersebut sudah tiga kali berganti kepemilikan serta tiga kali juga bermasalah dengan kontraktor, sampai adanya gugatan di Pegadilan Negeri Pangkalan Bun Kotawaringin Barat dan terbaru adanya laporan krimsus Polda Kalteng.

Dari sumber yang didapat Borneo24, Sudiarso Prasetio pernah Presiden Direktur Pama Persada Nusantara yang bergerak di Pertambangan Batubara. Setelah itu, pada akhir tahun 2023 ia melakukan “Pembelian” PT Ensbury Kalteng Mining dan  dibenarkan Management Perusahaan itu Andika Susilo. “ia seka rang PT Ensbury Kalteng Mining pemiliknya ada nama akhirnya Prasetio” Kata Andika Susilo saat dihubungi Borneo24.

Sudiarso Prasetyo “membeli” PT Ensbury Kalteng Mining dari Pemilik Kedua bernama Johannes Kotjo merupakan Mantan Narapidana Kerupsi Penyuapan  anggota DPR RI. Yang paling anehnya, PT Ensbury Kalteng Mining tidak memiliki laha untuk digarap. Seperti dikatakan Mantan Bupati Kotawaringin Barat Bambang Purwanto.

“perusahaan PT Ensbury Kalteng Mining tidak punya lahan, itu semua lahan warga. Lagian selama ada perusahaan disana belum dan terobosan dan dampak Positif buat warga” kata Bambang Purwanto sekaligus Anggota DPR RI komisi IV Pemilihan wilayah Kalteng.

Usai  PT Ensbury ke tangan Sudiarso Prastio, baru muncul polemik antara kontraktor dengan perusahaan, hingga kontraktor melaporkannya kepolda Kalteng. Hingga saat ini ada enam orang management Perusahaan PT Enbury Kalteng Mining sudah dimintai keterangan oleh Penyidik. Bersambung ……