Menyusuri Pedalaman Tanah Borneo, Ini Dia Makanan Khas Suku Dayak

oleh
makanan khas dayak

Pangkalan Bun, Borneo24.com – Hutan Borneo yang begitu kaya tanaman dan aneka vegetasi hijau,masyarakat Suku dayak penghuni pedalaman  Kalimantan Tengah biasa Meolah Aneka sayuran, dan sekarang sudah menjadi makanan sehari – hari bagi Masyarakat.

Ini dia Daftar Makanan Khas Suku Dayak

  1. Juhu Singkah

Makanan ini merupakan makanan khas dari suku dayak ngaju yang sangat asli. Sedangkan di tengah masyarakat suku dayak mayan maka kuliner ini memiliki sebutan yang berbeda yakni uwut nange. Arti dari makanan ini adalah rotam muda. Bahan yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah memang dari rotan muda yang sangat mudah ditemukan di daerah hutan kalimantan. Ukuran dari rotan mudah kecil dan masih empuk sehingga akan sangat mudah untuk dimasak. Bahan lain yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah terong asam, dan juga ikan baung. Rasa dari masakan ini sangat lezat karena ada perpaduan gurih, manis dan juga sedikit asam.

  1. Bangamat

Makanan ini memiliki nama yang sangat unik namun di suku dayak selain disebut bangamat juga biasanya disebut dengan paing karena makanan ini terbuat dari bahan kelelawar. Jenis kelelawar yang digunakan untuk membuat makanan ini memang dari hewan kelelawar namun kelelawar buah. Anda mungkin saja akan merasa khawatir ketika akan mencoba makanan ini padahal makanan ini tetap aman untuk dikonsumsi. Anda tentu sudah sangat mengetahui jika jenis kelelawar ada banyak. Jenis kelelawar yang digunakan adalah pemakan buah dan bukan kelelawar hama atau penghisap darah. Bumbu yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah dengan menambahkan rempah seperti asam, serai, garam, dan berbagai macam bumbu rempah lainnya. Masyarakat biasanya memasak paing dengan mencampurkan jantung pisang yang segar atau bhajan sayur keladi.

  1. Botok Mengkudu

Makanan ini terbuat dari bahan ikan yang dimasak dengan menggunakan daun mengkudu. Ikan yang sudah dibersihkan dan diberi bumbu akan dibungkus dengan menggunakan daun mengkudu sehingga aromanya akan sangat terasa.

  1. Karuang

pasti akan menyukai citarasa dari Kalumpe atau Karuang. Karena makanan khas Suku Dayak ini terbuat dari daun singkong. Bedanya, terletak pada proses pengolahan. Daun singkong yang akan dibuat Kalumpe, harus ditumbuk halus terlebih dahulu. Kalumpe disajikan berkuah kental dengan citarasa rempah yang kuat. Pelengkapnya adalah terong kecil atau terong pipit. Uniknya, sayur daun singkong khas Dayak ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.