Desa Narahan Panen Buah Semangka Merah Tanpa Biji

oleh

Kapuas – Kelompok tani Desa Narahan panen buah semangka dengan luas lahan tanam sembilan hektare dengan hasil dan kualitas semangka merah tanpa biji.

Hal ini disampaikan Ketua Kelompok Tani Semangka Desa Narahan, Lawin mengatakan pihaknya mulai menggarap lahan untuk tanam semangka sejak empat tahun terakhir kepada awak media, Senin (22/4/2019).

“Modal awal Rp 150 juta, kami lima orang di kelompok tani tersebut swadaya saja garap lahan. Luas lahan sembilan hektare dan hasil panen per hektare mencapai 9-11 ton semangka,” katanya.

Dilanjutkannya, semangka hasil panen tersebut selain dipasarkan ke wilayah Kabupaten Kapuas juga dipasarkan ke area Kalimantan Selatan.

“Area pemasaran mudah sampai Banjarmasin, Martapura dan wilayah Kalimantan Selatan pada umumnya,” ungkapnya.

Kelompok tani Desa Narahan, memiliki trik jitu dalam hal panen hingga sukses dan hasilnya bagus dari segi hasil dan pemasaran.

“Kami panen setahun sekali saja untuk efektivitas pemasaran, menyesuaikan situasi pasar,” tandasnya yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kapuas ini.

Empat kali sudah kelompok tani ini panen besar semangka. “Yang utama, kami selalu menjaga kualitas panen. Pelanggan pun mengetahui itu. Harga semangka saat ini bagus, Rp 4000 per kilogram,” pungkasnya. (RP/01)