Kabupaten Kapuas Belum Saatnya Terapkan Sistem Korwil Pengganti UPTD

oleh

KAPUAS – Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas melakukan kunjungan kerja ke Barito Utara dalam rangka kajian penerapan perubahan struktur Unit Pelaksana Teknis Dinas(UPTD) Kecamatan yang menjadi Koordinator Wilayah (Korwil).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Ilham Anwar saat dikonfirmasi diruang kerjanya pada Jumat (22/2/2019) mengatakan, tujuan kunjungan ke Barito Utara ini dalam rangka ingin mengetahui sejauh mana penerapan sistem struktur UPTD Kecamatan menjadi Koordinator Wilayah. 

“Ternyata terjadi perubahan terhadap struktur UPTD Kecamatan dari struktural menjadi fungsional ketika menjadi Korwil” ungkapnya.

Untuk Kabupaten, lanjut dia, di Kalimantan Tengah (Kalteng) hanya Barito Utara satu-satunya Kabupaten yang sudah menerapkan sistem ini. Kalaupun diterapkan di Kabupaten Kapuas, tentu akan berdampak pada pelayanan pendidikan nantinya. “Kalau kita terapkan sistem seperti ini, di Kabupaten Kapuas tentu akan berdampak terhadap pelayanan dimana tunjangan yang selama ini melekat pada jabatan akan ditiadakan” terangnya. 

Karena itu,lanjut Ilham,untuk Kabupaten Kapuas ada 17 kecamatan dengan kategori wilayah pasang surut dan non pasang surut. Kalau dilihat dari karakteristik wilayah tentu penerapan UPTD kecamatan menjadi Koordinator Wilayah(Korwil)  belum bisa.

“Bayangkan saja satu esolon dengan jabatan yang sama tidak akan berjalan roda organisasi. Karena sama-sama memiliki golongan kepangkatan yang sama dan tunjangan jabatan tidak ada,namun tanggung jawab lebih besar,” katanya. 

Dia menambahkan, memang jabatan kepala UPTD se-Kalimantan akan menyampaikan protesnya ke Kemendikbud, terkait penerapan UPTD menjadi Korwil, karena mengingat karakteristik wilayah.(RP/01)