Bakti Sosial Operasi Katarak Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional

oleh
Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis bertempat di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Jl. Tambun Bungai No.16 Kuala Kapuas.

Kapuas, Borneo.comDalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day), HUT KORPRI, dan HUT Darma Wanita Persatuan Tahun 2022, melalui kerjasama antara PERDAMI (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) dan Klinik Mata Tambun Bungai dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kapuas, melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis bertempat di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Jl. Tambun Bungai No.16 Kuala Kapuas, belum lama ini.

Bakti Wakil Bupati Kapuas Drs. H.M. Nafiah Ibnor, membuka secara resmi ini kegiatan bakti sosial ini dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Kapuas Drs. Septedy, beserta istri Dra. Apollonia Septedy, selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kapuas, Plt. Kepala Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan, beserta jajarannya, Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Agus Waluyo, beserta jajarannya, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), dr Tri Setyautami, MPHM beserta jajarannya, dan Kepala Dinas Sosial Yan Marto, serta Kepala SOPD lain beserta jajaran dan tamu undangan.

Adapun dari PERDAMI (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) dihadiri langsung oleh Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, yang pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia periode 2014-2019 yang lalu, dan didampingi oleh dokter-dokter spesialis mata dari PERDAMI dan Klinik Mata Tambun Bungai yang bertugas melaksanakan bakti sosial operasi katarak kepada pasien yang telah di skrining kesehatannya sebelum dinyatakan layak diberikan tindakan operasi katarak, melalui beberapa tahapan dan waktu sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita di depan ruang OK RSUD Kapuas yang dilakukan oleh Wakil Bupati Kapuas Drs. H.M. Nafiah Ibnor, bersama Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, dan dilanjutkan dengan meninjau pelaksanaan Kegiatan Bakti Sosial Katarak kepada pasien yang sudah siap menunggu antrian untuk diberikan tindakan pelayanan kesehatan. Kemudian kegiatan berlanjut dengan penyerahan bingkisan kepada pasien dan keluarganya yang diberikan langsung oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kapuas, Dra. Apollonia Septedy, MA, beserta para ibu-ibu DWP anggotanya.

Setelah meninjau lokasi pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis bertempat di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, beserta rombongan berpindah tempat ke Hotel Fovere yang beralamat di Jalan Pemuda Kabupaten Kapuas untuk memberikan materi sebagai narasumber dalam Workshop Vision Center dan Deteksi Dini Retinopati Diabetik.

Wakil Bupati Kapuas, Drs. H.M. Nafiah Ibnor, mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dan berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan operasi mata katarak gratis di Kabupaten Kapuas.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas  mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan yang baik ini, sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sukses, dan berharap kegiatan tersebut dapat terus berlanjut, sehingga mampu untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung.” ujarnya.

Berdasarkan rekapitulasi data kegiatan dari Medical Record RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas diketahui jumlah pasien yang berhasil melaksanakan operasi katarak berjumlah 52 orang dari hasil skrining 57 orang, ada beberapa orang yang tidak dapat dilakukan tindakan karena kondisi kesehatan pasien yang tidak memungkinkan atau berisiko.

No More Posts Available.

No more pages to load.