Asik Ekspedisi Bina Insan di Kota Sejarah dan Kota Tertua

oleh
anak didik SDS ALAM Bina Insan Pangkalan Bunmengadakan ekspedisi ke Sukamara melintasi sebuah Kota Tua yang merupakan Ibu Kota Pertama Kerajaan Kutaringin

Kotawaringin Barat, Borneo24.com– Ekspedisi merupakan rangkaian kegiatan yang dikemas dalam bentuk perjalanan. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini, menjelajahi beberapa destinasi sejarah dan kehidupan suatu daerah.

Kali ini dilakukan anak didik SDS ALAM Bina Insan Pangkalan Bun Kotawaringin Barat khusus Kelas 5 mengadakan ekspedisi ke Sukamara melintasi sebuah Kota Tua yang merupakan Ibu Kota Pertama Kerajaan Kutaringin yaitu Kutaringin atau sekarang lebih dikenal dengan nama Kotawaringin Lama.

Di Kotawaringin Lama terdapat makam Kyai Gede yaitu makam seorang ulama penyebar dakwah di daerah Kerjaan Kutaringin & masjidnya termasuk Masjid Tertua di Indonesia, yang konon dibangun semasa dengan Masjid Demak. Masjid yang khas mirip dengan Masjid Demak, Kontruksi Masjidnya semua dari Kayu Besi atau Ulin dan masih utuh hingga saat ini.

” Kami mengajari anak didik kami akan cinta ulama, cinta masjid, cinta shalat, mengetahui sejarah keagamaan maka ketika melintas di Kolam, kami ajak mereka untuk menyempatkan diri shalat dhuha di masjid Kyai Gede,” kata KH Burhanudin selalu Pimpinan Yayasan Bina Insan.

Perjalanan dilanjutkan ke Sukamara yang merupakan Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Barat yang berjarak 90 Km.

“Dalam beberapa hari kedepan, siswa akan belajar banyak tentang sejarah & mengenal kehidupan sosial lebih luas” katanya menutup. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.