Ratusan Warga Binaan di Palangka Raya Senang Ikut Nyoblos

oleh

PALANGKA RAYA – Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas dan Rutan Palangka Raya dipastikan siap ikut serta menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 17 April mendatang. Setidaknya ada 435 WBP yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari jumlah tersebut, 211 DPT berada di Lapas Palangka Raya, sedangkan 224 DPT ada di Rutan Palangka Raya.

Kasubsi Bimbingan Kegiatan Rutan Palangka Raya, Erik Sitohang mengatakan, untuk WBP Rutan terdaftar 224 DPT. Dibagi menjadi 178 DPT dan 136 DPTB. Keseluruhan akan melakukan pencoblosan di TPS 80 yang disediakan oleh petugas Rutan dibantu panitia pemungutan suara (PPS).

“Saat ini ada 592 WBP di Rutan Palangka Raya. Namun yang bisa menggunakan hak pilihnya nanti hanya 224 WBP,” katanya, Selasa (09/04/2019).

Dijelaskan, banyaknya WBP yang belum masuk dalam DPT dikarenakan tidak adanya Kartu Keluarga (KK) sebagai dasar pembuatan KTP Elektronik.

“Kesulitannya ada yang belum membuat E-KTP, dan tidak ada KK. Jadi tidak bisa masuk dalam DPT. Akan tetapi jika dilihat, mereka sangat antusias untuk berpartisipasi dalam pemilihan nanti,” jelas Erik.

Senada, Kasi Binadik Lapas Palangka Raya, Irfan Muayat mengungkapkan, 211 WBP di Lapas telah masuk dalam DPT. Sebelumnya, pendataan dilakukan KPU Palangka Raya dilanjutkan dengan pembuatan KTP Elektronik oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Secara rutin kita lakukan sosialisasi agar WBP tidak golput dan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani,” tutupnya. (RP/01)