Waspada Banjir, Debit Air di Desa Tanjung Taruna Mulai Meningkat

oleh

Pulang Pisau – Debit Air di Desa Tanjung Taruna mulai menunjukan peningkatan, hal ini terlihat dari kondisi jalan yang menghubungkan Desa Tanjung Taruna bawah terpantau mulai meningkat lebih kurang 3 Km dari badan jalan yang mulai banjir, sehingga aktivitas warga setempat yang melintasi jalan itu mulai terganggu.

Kepada Reporter Borneo24, Kepala Desa (Kades) Udin Agun, melalui Perangkat Desanya Kasi Pembangunan Agus membenarkan, bahwa pagi tadi sekitar pukul 06.30 Wib jalan menuju kampung bawah sudah mulai terendam banjir, dan diperkirakan beberapa hari kedepan debit air itu akan naik terus, Rabu (8/5/2019)

” Ia pak, kondisi debit air mulai naik, kurang lebih 3 Km dan badan jalan sudah terendam air. Tentunya dengan naiknya debit air ini mulai mengangu aktivitas warga kami untuk mengangkut barang maupun hasil tangkapan nelayan,” bebernya menjelaskan.

Dikatakan Agus, hampir 80 persen warga masyarakat di Desa Taruna pekerjaannya sebagai nelayan, ” Sampai hari ini, belum ada warga kami yang melapor jika rumahnya mulai terendam, hanya saja kondisi debit air mulai pagi ini sudah mulai terlihat meninggi,” bebernya.

Adanya kenaikan debit air ini, kata Agus, warganya sudah melakukan antisipasi, karena situasi banjir atau meningginya debit air di Desa Tanjung Taruna dan Desa Tumbang Nusa dalam setiap tahun juga menjadi langganan banjir dan langanan kebakaran hutan dan lahan.

Ia selaku aparat desa setempat berharap, adanya perhatian dari pemerintah, untuk bisa membantu meningikan badan jalan, supaya tidak terendam banjir lagi. ” Kalau untuk dana desa tidak mampu membiayai pembangunan dan peninggian badan, karena angarannya terbatas pak,” beber Agus.

Ditambakan Agus, bahwa jalan yan tersebut sangat vital bagi warganya dan satu-satunya jalan penghubung menuju ke Jalan Raya sepanjang 6 Km. (RP/01)