Ini Langkah Baru Untuk Menekan Angka Pengangguran Kementerian Kemnaker

oleh
Ilustrasi Gambar

Jakarta, Borneo24.com – Pandemi yang melanda Tanah Air akibat Covid-19 mengharuskan masyarakat melakukan adaptasi kebiasaan baru guna menekan jumlah penyebaran virus tersebut.

Berbagai dampak pun turut dirasakan, salah satunya adalah kesulitan dalam mencari pekerjaan, lantaran tak sedikit perusahaan memangkas jumlah karyawannya karena tak sanggup untuk membayar upah mereka.

Atas hal tersebut, jumlah pengangguran di Indonesia kala pandemi Covid-19, semakin menunjukkan jumlah kenaikannya.

Namun, baru-baru ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker ) telah membuat langkah baru untuk menurunkan angka pengangguran  di Tanah Air.

Kemnaker dikabarkan akan mengoptimalkan kinerja petugas pengantar kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.

Suhartono  yang merupakan Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker  mengungkapkan bahwa keberadaan pengantar kerja sangat penting

Menurutnya, pengantar kerja dapat membantu, memfasilitasi dan melayani masyarakat dalam mencari pekerjaan.

Baik pekerjaan di dalam maupun luar negeri, serta menjadi jembatan penghubung bagi perusahaan yang membutuhkan pekerja.

Ia juga menyebut, karena itu keterlibatan aktif dari pengantar kerja itu diharapkan berdampak pada pengurangan angka pengangguran  dan memperluas kesempatan kerja.

Suhartono mengungkapkan bahwa saat ini jumlah pegawai fungsional pengantar kerja tercatat sebanyak 430 orang, seperti Pikiran-Rakyat.com kutip dari PMJ News.

Dengan 82 orang di antaranya bertugas di Kantor Pusat Kemnaker,  kemudian 57 orang di BP2MI, dan sisanya, tersebar di dinas provinsi, kabupaten dan kota.

Selain itu, Dirjen Binapenta dan PKK itu mengatakan bahwa pengantar kerja dituntut untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam melaksanakan tugasnya.

Suhartono juga menyebut dalam upaya menurunkan angka pengangguran , pengantar kerja harus memaksimalkan aplikasi berbasis web yang tersedia, yakni Sisnaker yang bisa dibuka di laman resmi kemnaker.go.id.

Pemanfaatan aplikasi online secara optimal ini tidak terlepas dari perkembangan zaman yang serba digital serta kondisi pandemi Covid-19  saat ini. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.