Kemenko PMK Gelar Seminar dan Pemeriksaan Kesehatan, Cegah Risiko Penyakit Menular

oleh
Kemenko PMK Menggelar Seminar dan Pemeriksaan Kesehatan.

Jakarta, Borneo24.com Menurut hasil evaluasi pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) di lingkungan Kemenko PMK tahun 2021, banyak pegawai Kemenko PMK memiliki risiko terkena penyakit tidak menular, salah satunya jantung.

Oleh karena itu, Biro Umum Kemenko PMK dalam hal ini Klinik Kemenko PMK menggelar seminar dan pemeriksaan kesehatan.

Tujuannya untuk mengenal dan menyadari faktor pemicu penyakit tidak menular seperti penyakit jantung serta menyampaikan informasi terkait cara-cara mengurangi risiko terhadap penyakit tersebut dan implementasinya.

“Kita perlu meningkatkan gerakan hidup sehat di lingkungan Kemenko PMK dan pemahaman terkait risiko penyakit tidak menular. Khususnya mengenai penyakit jantung, apalagi semakin kesini semakin banyak yang muda mulai terkena penyakit jantung,” ungkap Penanggung Jawab Klinik Pratama Kemenko PMK dr. Citra Yuliyanti pada acara Donor Darah dan Seminar Kesehatan di Kantor Kemenko PMK, Sabtu (2/7/2022).

Menurutnya, saat ini penyakit jantung tidak mengenal usia. Penyakit jantung kian hari menyerang orang-orang berusia muda. Padahal, penyakit ini dulunya dialami oleh mereka yang berusia 40-60 tahun.

“Tidak perlu menunggu kita berusia tua, ternyata penyakit jantung trennya sekarang sudah bergeser ke yang muda,” katanya.

Adapun dalam acara tersebut juga dilaksanakan donor darah dan pemeriksaan kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan tensi dan gula darah yang bekerjasama dengan PMI Provinsi DKI Jakarta dan RS Grha Kedoya.

“Harapannya ingin membuka pengetahuan bagi pegawai Kemenko PMK tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pentingnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin,” ujar dr. Citra.

Lanjutnya, kegiatan seminar dan pemeriksaan kesehatan ini rencananya akan rutin diadakan minimal enam bulan sekali.

“Selain itu, Klinik Pratama Kemenko PMK juga beroperasi setiap hari, jadi nanti pegawai tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan pemeriksaan secara rutin karena tinggal datang ke klinik langsung bisa diperiksa,” tutupnya.

Hadir sebagai narasumber ,  dr. Adrianus Kosasih selaku dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Grha Kedoya. Acara seminar kesehatan dan pemeriksaan kesehatan ini juga diikuti oleh seluruh pegawai Kemenko PMK dan umum. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.