Terpilihnya Presiden Baru, Peluang Meroketnya Ekspor RI ke Amerika Makin Besar

oleh
Joe Biden, Presiden Amerika Serikat (AS)

Jakarta, Borneo24.com – Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Andry Satrio Nugroho menyebut bahwa terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) bakal membawa angin segar untuk Indonesia. Salah satunya adalah peluang peningkatan ekspor ke negeri Paman Sam.

Andry menjelaskan, di masa kepemimpinan Donald Trump, pertumbuhan nilai perdagangan Indonesia didominasi oleh impor dari AS. Catatan itu berbeda ketika AS dipimpin oleh Barack Obama.

“Ketika era Obama-Biden justru ekspor kita masih tumbuh lebih besar daripada impor kita. Mungkin ini (era kepemimpinan Joe Biden) akan menjadi salah satu peluang kita untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor produk-produk non migas dari Indonesia ke AS,” ujar Andry, Minggu (8/11/2020).

Andry menambahkan, Sekitar 13% produk Indonesia yang diekspor ke AS didominasi oleh produk pakaian, aksesoris, karet hingga alas kaki. Namun, ekspor produk non migas ini bukan tanpa penantang, melainkan ada saingan dari negara lain yang juga melakukan ekspor serupa ke AS.

“Ini produk-produk yang sebetulnya di AS sendiri saingannya, tentu kalau kita bisa mengeliminasi China, kita bersaing dengan Vietnam dan Bangladesh,” katanya.

Sementara itu, produk yang diimpor dari AS ke Indonesia didominasi oleh produk-produk barang modal, permesinan dan gandum. “Karena tepung-tepungan kita masih cenderung mengimpor besar dari mereka,” ucapnya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.