Kemenpora Resmi Buka Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022

oleh
Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti mewakili Menpora, Zainudin Amali membuka Kejurnas Wushu Senior memperebutkan Piala Presiden 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur.

Jawa Timur, Borneo24.comMewakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Chandra Bhakti membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Senior memperebutkan Piala Presiden 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Surabaya, Jawa Timur. 

Kejuaraan yang berlangsung dari 18 hingga 21 September 2022 ini diikuti 450 atlet dari 20 Provinsi mempertandingkan nomor Taolu, Sanda dan Kungfu. Selain Piala Presiden, Kejuaraan ini juga memperebutkan Piala Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto dan Piala Menpora. 

Dalam sambutannya, Chandra Bhakti menyampailan permohonan maaf dari Menpora Amali yang tidak bisa hadir pada acara pembukaan Kejurnas Wushu karena kesibukan menjalankan menjalankan tugas.

Menurut Chandra Bhakti, wushu merupakan salah satu olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sudah ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres)  Nomor 86 tahun 2021.

Penetapan wushu tersebut, jelasnya, melalui kajian dari akademisi, pakar dan praktisi olahraga dengan melihat perkembangan prestasi wushu Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2021. 

“Kita mengetahui banyak atlet wushu Indonesia telah mencatat prestasi di kejuaraan dunia di antaranya yang dikenal Lindswell Kwok dan Edgar Xavier Marvelo. Melalui Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 ini diharapkan muncul pengganti Lindswell dan Edgar yang mampu berprestasi dunia dan juga di Olimpiade jika ke depan cabang olahraga wushu dipertandingkan,” katanya. 

Sementara itu, Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dalam pidato virtualnya mengucapkan terimakasih kepada Ketua Pengprov WI Jawa Timur, Soedomo Mergonoto yang telah bersedia menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Wushu Senior Piala Presiden dan Sirkuit Nasional Wushu Taolo dan Sanda Junior Tahun 2022. Begitu juga dengan founder Harian Disway, Dahlan Iskan yang telah memberikan dukungan. 

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian ini mengharapkan Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 yang sempat terhenti sejak tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 bisa berjalan sukses. 

Dia juga menyebutkan event ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang akan digelar di ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, 2-11 Desember 2022 mendatang. 

Dari hasil kejuaraan nasional wushu senior Piala Presiden 2022 dan Sirkuit Nasional Wushu Taolu dan Sanda Junior 2022, kata Airlangga Hartarto, akan ditetapkan atlet-atlet terbaik yang akan diturunkan pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 dan menetapkan atlet yang akan mengikuti program pelatnas jangka panjang untuk dipersiapkan untuk single event internasional, Asian Games 2026 dan 2030 . “Semoga pada tahun 2032, cabang olahraga wushu telah dipertandingkan di event bergengsi Olimpiade.” katanya. 

Sementara Pembukaan Kejurnas Wushu Piala Presiden juga disuguhi pertunjukan teatrikal kolosal Gelora Nusantara yang mengkombinasikan gerakan wushu dan tarian wayang mengundang decak kagum para peserta dan penonton yang hadir di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unes) Surabaya, Jawa Timur.

“Saya kagum dengan pertunjukan teatrikal kolosal yang ditampilkan pada pembukaan Kejurnas Wushu memperebutkan Piala Presiden 2022. Perpaduan kebudayaan nusantara lewat tarian wayang dengan kebudayaan China melalui gerakan wushu itu benar-benar apik,” kata Anggota Exco Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Indra Gamulya yang hadir mewakili Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. 

Ternyata di balik pertunjukan teatrikal ini ada sentuhan founder Harian Disway, Dahlan Iskan yang ikut memberikan dukungan terhadap Pengprov WI Jawa Timur sebagai tuan rumah pelaksanaan Kejurnas Wushu memperebutlan Piala Presiden 2022.

“Saya hanya ingin menyemarakkan kegiatan olahraga Indonesia saja. Kan, saya sudah terlibat di sepakbola dan juga basket. Sekarang giliran wushu jadi tidak tabrakan,” kata Dahlan Iskan. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.