9 Bahasa Paling Diminati untuk Dipelajari di ASEAN

oleh
oleh
9 Bahasa Paling Diminati untuk Dipelajari di ASEAN.

Jakarta, Borneo24.com SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bekerja sama dalam Penelitian Kebijakan Bahasa dan Pendidikan Bahasa di Asia Tenggara.

Hasil kuesioner dari penelitian tersebut dipaparkan ke publik dalam Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) yang dilaksanakan pada tanggal 2 dan 26 September 2022.

DKT ini fokus pada informasi tentang bahasa internasional, bahasa asing, dan bahasa ASEAN yang diminati siswa sekolah menengah atas dan mahasiswa pendidikan tinggi di kawasan Asia Tenggara.

Deputi Direktur program SEAQIL, Esra Nelvi M. Siagian memaparkan kesimpulan berdasarkan hasil kuesioner yang diperoleh dari 300 responden lebih berasal dari 25 sekolah menengah dan 21 institusi pendidikan tinggi.

Bahasa Asing Paling Diminati Untuk Dipelajari

Esra mengatakan, dari kuesioner, diketahui bahwa responden tertarik untuk mempelajari tiga bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris, Prancis, dan Mandarin. Bahasa asing lain yang ingin mereka pelajari adalah bahasa Korea, Jerman, dan Jepang.

Bahasa Indonesia, Melayu dan Thailand adalah bahasa ASEAN yang paling populer yang dipilih oleh responden. “Hampir semua responden memilih bahasa tersebut sebagai mata pelajaran pelengkap di sekolah mereka,” kata Esra dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat (30/9/2022).

Esra mengungkapkan, alasan umum terkait pilihan bahasa siswa mencakup aspek karakteristik bahasa itu sendiri, wisata, kebudayaan, dan pekerjaan.

Menurut dia, informasi tentang bahasa ibu dan bahasa lain yang digunakan dalam pendidikan juga diperoleh, selain bahasa yang diminati siswa. “Kami menemukan bahwa bahasa ibu dipelajari di tingkat pendidikan menengah dan tinggi,” imbuh dia.

Preferensi bahasa di Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand

Dr Mohd Haizzan Yahaya, School of Social Science, University of Sains, (Malaysia) menjelaskan, bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang paling tinggi diminati karena digunakan secara global dan penting dalam menunjang karier.

Untuk kategori bahasa asing lain, bahasa Korea memiliki peminat tertinggi karena kebutuhan responden dalam memahami film Korea. Untuk kategori bahasa ASEAN, bahasa Thailand menjadi pilihan responden paling tinggi dengan alasan hiburan dan wisata.

Sementara itu Dr Phyu Phyu Thynn, Yangon University of Foreign Languages (Myanmar) menambahkan, bahasa Inggris paling banyak diminati karena bahasa Internasional dan bahasa utama dalam bisnis.

Dalam kategori bahasa asing lain, responden paling banyak memilih bahasa Korea karena pengaruh budaya (KPop dan Kdrama).

Sementara bahasa Thailand menjadi pilihan tertinggi dalam kategori bahasa ASEAN karena Thailand memiliki hubungan sejarah yang panjang dengan Myanmar.

Endina Asri Widartama dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura menerangkan, bahasa Prancis menjadi bahasa yang paling diminati untuk kategori bahasa Internasional.

Sebagian besar alasan yang dikutip terkait dengan daya tarik bahasa dan seberapa luas bahasa tersebut digunakan di dunia.

Bahasa asing populer lain adalah bahasa Korea karena popularitas gelombang Korea. “Di ASEAN, bahasa Thailand dan Bahasa Indonesia adalah bahasa yang populer untuk dipelajari,” ungkap dia.

Sari Suharyo dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok menyampaikan, terkait kategori bahasa internasional, responden paling banyak tertarik pada bahasa Inggris karena digunakan secara global. Untuk bahasa asing lain, bahasa Korea paling banyak diminati karena kepentingan perjalanan dan komunikasi dengan Korean-idols.

Bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN yang paling diminati karena mudah dipelajari dan Indonesia memiliki budaya yang menarik.

Untuk bahasa asing lainnya, bahasa Korea dan Jepang menjadi dua bahasa Asia yang sangat populer di kalangan generasi muda di negara-negara ASEAN. Bahasa ASEAN, bahasa Thailand dipilih oleh siswa di tujuh negara.

No More Posts Available.

No more pages to load.