Pelepasan Delegasi Terbesar Mahasiswa IISMA 2022 ke Eropa

oleh
Potret Mahasiswa Universitas Indonesia yang diterbangkan ke University of Sussex

Jakarta, Borneo24.com – Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam, melepas delegasi terbesar Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 ke Eropa dan Inggris secara daring.

Sebanyak 225 penerima beasiswa atau awardee diberangkatkan menuju Inggris, Italia, Polandia, Ceko, dan Spanyol.

Dalam arahannya, Nizam menyampaikan bahwa para penerima beasiswa merupakan wakil mahasiswa dari Sabang sampai Merauke yang terpilih untuk membawa kabar tentang Indonesia kepada masyarakat global sembari menimba ilmu, menimba pengalaman, dan membangun persahabatan global.

“Adik-adik sekalian akan menjadi duta bangsa, wakil dari teman-teman kalian yang jumlahnya 9 juta mahasiswa. Selamat telah terpilih sebagai awardee untuk kuliah satu semester di negara-negara Eropa,” kata Nizam.

Nizam menambahkan, para penerima beasiswa diberangkatkan menuju negara-negara yang tidak hanya memiliki tempat-tempat menarik, namun juga dikenal sebagai sumber dari ilmu pengetahuan modern. Karena itu, program ini memberikan kesempatan yang baik bagi para mahasiswa untuk mengenal dunia.

“Mungkin di antara adik-adik sekalian ada yang pernah ke luar negeri mungkin sampai ke Eropa juga. Tapi pengalaman kali ini akan sangat berbeda,” imbuhnya.

Tak lupa ia berpesan kepada mahasiswa untuk turut mempelajari budaya dan hal-hal baik dari negara yang mereka kunjungi di samping membagikan kekayaan budaya nusantara kepada orang-orang yang mereka temui di negara tersebut, baik di dalam maupun di luar kampus.

“Ketika tiba di negara tujuan, kalian harus berpencar dalam membangun persahabatan global. Sampaikan kabar seluas-luasnya tentang masakan, lagu daerah, dan foto-foto tentang keindahan alam Indonesia. Kenalkan tentang keramahtamahan masyarakat Indonesia dan sampaikan bahwa Indonesia telah menjadi negara yang maju,” pesan Niza

Perguruan tinggi yang menjadi tujuan studi delegasi IISMA kali ini adalah University of Glasgow, University of Sussex, University of Exeter, Queen Mary University of London, University of Leeds, University of Liverpool, Lancaster University, Sapienza University of Rome, University of Warsaw, Palacky University Olomouc, dan Universitat Pompeu Fabra.

Dengan pemberangkatan ini, total penerima beasiswa IISMA 2022 yang diberangkatkan secara bertahap telah mencapai 1.005 mahasiswa yang belajar di 52 perguruan tinggi luar negeri. Selanjutnya masih ada 145 penerima beasiswa yang akan diberangkatkan ke 15 perguruan tinggi luar negeri.

Acara pelepasan ini juga dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Program IISMA, orang tua penerima beasiswa, dan perwakilan perguruan tinggi asal mahasiswa.

Mewakili para penerima beasiswa, Felisita, mahasiswa Universitas Indonesia yang akan diterbangkan ke University of Sussex, berpamitan dan mengucapkan terima kasih serta memohon doa restu pada semua pihak yang hadir dalam pelepasan untuk kelancaran perjalanan dan studi mereka di luar negeri.

“Kami sangat bersemangat dan tidak sabar untuk belajar ke luar negeri, tapi kami juga gugup karena akan meninggalkan rumah kami yang nyaman selama beberapa bulan. Kami berharap dapat mengambil banyak pelajaran, dan pengalaman yang bermanfaat dapat kami bawa pulang untuk teman dan komunitas kami di Indonesia,” tuturnya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.