Sejarah Singkat tentang Iklan

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.comIklan merupakan media promosi yang mengomunikasikan suatu produk atau jasa kepada konsumen. Salah satu fungsinya, yakni mengenalkan produk kepada publik, dan membangun citra positif sebuah merek atau perusahaan.

Iklan yang saat ini bisa kita saksikan bahkan gunakan sebagai media promosi, ternyata sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Sejarah singkat tentang iklan dimulai sejak zaman Yunani Kuno, tepatnya di kota Athena. Saat itu, iklan digunakan secara lisan.

Perkembangan zaman hingga saat ini, membuat iklan terus bertumbuh dan berkembang menyesuaikan diri dengan kebutuhan penggunanya.

Menurut Achmad Sunjayadi dalam Iklan Pariwisata Masa Kolonial di Hindia-Belanda, sejarah iklan dimulai pada masa Yunani Kuno.

Pada saat itu, masyarakat di kota Athena mempromosikan barang jualannya secara lisan, yakni dengan berkeliling kota sambil berteriak menawarkan dagangannya. Itulah bentuk iklan yang paling awal.

Setelah era iklan lisan muncul dan berkembang, simbol visual sebagai sarana periklanan mulai digunakan di Babilonia, sekitar tiga ribu tahun yang lalu. Simbol visual itu ditempelkan pada produk yang akan dijual.

Sehingga pembeli bisa melihat iklan dan produknya secara langsung. Pada zaman Romawi, banyak yang memasang iklan berbentuk tulisan seperti pengumuman, untuk mencari budak yang melarikan diri.

Mereka juga memasang iklan untuk mempromosikan pertandingan gladiator. Sementara itu, di kota Pompeii muncul lukisan dinding berbentuk grafiti yang dipasang oleh politikus sebagai bentuk propaganda.

Kedua istilah itu pertama kali digunakan oleh bangsa Mesopotamia, Babilonia, Yunani, serta Romawi Kuno.

Kata “iklan” berasal dari bahasa Yunani, advertere berarti mengarahkan kepada atau menarik perhatian seseorang pada sesuatu.

Berkat kemunculannya, banyak yang menggunakan iklan sebagai media promosi dan komunikasi yang efektif untuk mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.