Selama Pandemi Covid-19, ini Dampak yang Terjadi Sektor Perdagangan

oleh
Gambar ILustrasi

Kotawaringin Barat,Borneo24-Sektor perdagangan memang yang paling kompleks dari persoalan corona. Awalnya sejak corona merebak di China, masalah suplai barang jadi persoalan terutama impor pangan seperti produk-produk bawang putih hingga bawang bombay. Kinerja impor pun kena dampaknya, meski ekspor membaik. Nilai ekspor pada Februari 2020 mencapai US$ 13,94 miliar. Ekspor tersebut naik 11% dibandingkan pada Februari 2019.

Perdagangan di dalam negeri, sektor ritel pangan atau swalayan offline maupun online menuai cuan, Aprindo mencatat terjadi kenaikan 20% selama pandemi corona. Namun, tak semua ritel dapat berkah. Pembatasan jam operasional hingga penutupan beberapa pusat perbelanjaan di wilayah Jabodetabek justru membuat sektor department store atau retail fashion babak belur. Ada sebagian sudah merumahkan karyawannya.

Bila corona terus berlanjut, satu per satu bisnis berguguran, tentu ada yang paling cepat tumbang, sebagian lagi masih bertahan. Sektor-sektor yang cuan karena corona memang ada, antara lain farmasi, ritel, telekomunikasi, dan lainnya. Semoga corona segera berakhir!(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.