Poliban Siap Laksanakan Porseni Politeknik se-Indonesia 2022

oleh
Pengukuhan LO Poliban Kalsel untuk gelar Porseni ke-13 Poliban se-Indonesia 2022, di Poliban.

Kalimantan Selatan, Borneo24.com Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) di Provinsi Kalimantan Selatan sudah siap melaksanakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke-13 Politeknik se- Indonesia pada 13–20 Juli 2022.

Bahkan tanda sangat siap Poliban menyelenggarakan ajang nasional ini dengan mengukuhkan sebanyak 300 orang Liaison Officer (LO) pada Jumat hari ini di lapangan basket Poliban, Kalsel.

Direktur Poliban Kalsel Joniriadi menyatakan, kampusnya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porseni Politeknik se-Indonesia sudah sangat siap memberikan pelayanan yang maksimal bagi penyambutan kontingen yang datang dari penjuru nusantara.

“Jadi 300 orang LO khusus dari kampus kami yang sudah dikukuhkan ini akan menyambut kedatangan kontingen Porseni politeknik se-Indonesia,” ujarnya.

Sebagai ujung tombak pelayanan bagi kontingen luar daerah, Joniriadi berpesan kepada semua LO atau para petugas penghubung atau pendamping antara peserta dengan pihak penyelenggara harus bisa memberikan dan menjamu tamu sebaik-baiknya.

Dia menyampaikan, persiapan penyelenggaraan Porseni ini sangat panjang, bahkan terpanjang dari Porseni pertama hingga ke-12, karena adanya pandemi COVID-19.

“Poliban sudah mempersiapkan jadi tuan rumah itu sejak ditunjuk pada 2018, tapikan ada pandemi COVID-19 pada 2020, hingga tertunda, jadi kurang lebih 4 tahun kan hingga sekarang,” tuturnya.

Menurut Joniriadi, persiapan yang sudah sangat matang ini jangan sampai tidak memberikan kesan sangat tidak baik bagi kontingen, semaksimal mungkin harus sukses, tidak hanya penyelenggaraan, prestasi tapi juga secara administrasi.

Dia pun menyampaikan, penyelenggaraan Porseni Politeknik se-Indonesia ini akan dihadiri langsung Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset dan Teknologi RI, demikian juga Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Pembukaan Porseni Politeknik  se-Indonesia ini direncanakan di Gedung Olahraga Hasanuddin HM di Kota Banjarmasin pada 14 Juli 2022.

Dia pun menyampaikan, pada Porseni ke-13 ini akan dipertandingkan sebanyak 15 cabang olahraga dan 7 cabang seni.

Adapun 15 cabang olahraga, yakni, bola voli indoor, futsal, taekwondo, pencak silat, karate, panjat dinding, atletik, bola basket, bridge, bulutangkis, catur, E-sport, kempo, tenis meja dan bola voli pasir.

Kemudian sebanyak 7 cabang seni, yakni, fotografi, kaligrafi, karikatur, monolog, puisi, solo song dan stand up.

“Poliban menurunkan sebanyak 120 atlet dan yang turun di cabang seni, hanya dua cabang olahraga yang tidak diikuti, yakni, catur dan bridge,” ungkap Joniriadi.

Adapun venue pertandingan pada Porseni ini selain bertempat di kampus poliban, juga di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin, di lapangan sepakbola Demang Lehman Martapura Kabupaten Banjar, di Lapangan SKB Banjarmasin dan di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

“Target kontingen kita bisa masuk 2 besar tertinggi perolehan medali,” ujarnya.

Ketua Panitia Porseni Politeknik se-Indonesia dari Poliban Dr Agus Pebrianto menyampaikan, puncak kedatangan kontingen Porseni antara tanggal 13 dan 14 Juli 2022.

“Sekitar 2.500 peserta diperkirakan mengikuti Porseni ini dari sekitar 50 politeknik se-Indonesia yang sudah terdaftar,” ujarnya.

Untuk maskot Porseni ke-13 Politeknik se-Indonesia tahun 2022 di Kalsel ini adalah bekantan, hewan kera khas Kalsel yang berhidung panjang.

No More Posts Available.

No more pages to load.