Program Bedah Rumah Hanya Untuk 4 Kecamatan di Banjar, Ini Penyebabnya

oleh
Ilustrasi Gambar

Kalimantan Selatan, Borneo24.com РHingga kini baru empat kecamatan Kabupaten Banjarmasin yang sudah mendapatkan program bedah rumah baik dari APBN Kementerian PUPR maupun dari APBD Kabupaten Banjar. Empat kecamatan itu yakni Astambul, Martapura, Martapura Barat dan Aluh-aluh. Sementara 16 kecamatan lain masih belum tersentuh bantuan untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini. Kabid Penyedia Perumahan Disperkim Kabupaten Banjar M Melky Rosadie Mengakui, untuk saat ini memang masih ada empat kecamatan yang akhir-akhir ini mendapatkan bantuan program bedah rumah. Hal itu dikarenakan hanya empat kecamatan tersebut yang aktif menyampaikan usulan dan mengupdate informasi terkait RTLH di daerah masing-masing.

“Kita sudah jemput bola juga dengan mendatangi kecamatan-kecamatan, tapi untuk ke kantor desa kita juga terbatas karena di Kabupaten Banjar ini ada 290 desa,” jelasnya. Bahkan kini ujarnya sudah ada sistem baru dengan diberinya akun dan username ke tiap desa. Hanya tinggal menunggu setiap desa memberi update data di sistem.

“Kita juga menyebarkan fotocopy untuk desa-desa tapi memang masih empat kecamatan saja yang aktif, tapi masih ada waktu bagi desa lain yang ingin mengajukan usulan bedah rumah di 2021 nanti, masih kita tunggu,” ujarnya. Program bedah rumah terang Melky sangat sayang jika dilewatkan. Dengan adanya program ini sangat membantu warga yang memiliki RTLH. Ia berharap kecamatan dan desa bisa berperan aktif untuk mengupdate data ke sistem sehingga RTLH bisa ditekan jumlahnya di Kabupaten Banjar “Di 2021 kita nanti akan lebih melakukan pendekatan ke Kecamatan Sungai Tabuk karena kita lihat jumlah RTLH di sana cukup tinggi,” ungkapnya.

Bahkan pengerjaan bedah rumah untuk atap, lantai dan dinding tersebut juga dikerjakan secara swadaya masyarakat dengan dana pengerjaan yang sudah tersendiri. Pada 2020 ini program bedah rumah dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dari APBN Kabupaten Banjar mendapatan bantuan untuk 805 unit rumah. Masing-masing setiap rumah mendapatkan bantuan Rp 20 juta terdiri dari Rp 17.500.000 untuk bahan bangunan dan Rp 2.500.000 untuk upah pekerja swadaya.

Sementara program bedah rumah dari dana alokasi khusus di Kabupaten Banjar untuk 142 unit dan kini sudah dalam proses lima persen. Sedangkan program bedah rumah dari APBD Kabupaten Banjar sudah jalan 10 persen dengan jumlah rumah yang dibedah ada sembilan buah rumah. (***)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.