KPU Pulpis Gelar Sosialisasi PKPU No. 3/2019 Minim Peserta Hadir.

oleh

PULANG PISAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pulang Pisau melaksankan sosialisasi Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan umum di Aula Bappedalitbang Jalan WA. Duha, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Dalam sosialisasi tersebut, nampak terlihat sejumlah bangku yang disediakan oleh panitia kosong alias minim dihadiri para Calon Legislatif (Caleg), padahal adanya sosialisasi yang difasilitasi langsung oleh KPU ini cukup penting bagi para calon peserta pemilu yang mengikuti Pemilu Serentak Tahun 2019. Dikabarkan, pihak KPU Pulpis telah menyampaikan semua undangan kepada Partai Politik (Parpol) yang menjadi peserta Pemilu Serentak di tahun 2019 ini, namun kondisinya berbanding terbaik dengan apa yang diharapkan.

Ketua KPU Pulang Pisau Yuliana, Jumat (8/3/2019) mengatakan, tujuan dari sosialisasi tersebut agar semua pihak baik pihak terkait, dalam hal ini Pemerintah Daerah dan para peserta pemilu (Parpol) tahu dan paham apa-apa saja yang menjadi aturan saat pemungutan dan penghitungan suara nantinya.

” Dalam kegiatan ini, dan kenapa kami adakan kegiatan ini, agar pada prinsipnya kita semua sama-sama tahu dan paham, maka selanjutnya kita pun mengharapkan agar sama-sama menjaga, sama-sama mengawasi dan sama-sama membuat situasi itu menjadi kondusif, karena kita semua, sudah sama-sama paham aturannya,” beber Yuliana, kepada Reporter Borneo24.

Dikatakan Yuliana, dalam pemilu tahun 2019 ini ada beberapa hal yang berbeda dari pemilu tahun 2018 lalu. ” Salah satu yang berbeda itu, di tahun 2019 ini tentunya pesertanya cukup banyak,” beber Yuliana menjelaskan.

Lanjut Yuliana, selain dari sosialisasi yang dilaksanakan hari ini (kemarin), maka selanjutnya akan kembali melaksanakan beberapa tahapan yakni sosialisasi simulasi (dalam bentuk TPS), ” Untuk simulasi, kita akan membangun TPS, di KPU nantinya, dan untuk simulasi ini, nantinya kita akan mengundang semua pihak termasuk awak media,” ujar Yuliana membeberkan.

Lebih lanjut, kata Yuliana, dari simulasi itu nantinya akan terlihat potensi-potensi yang ada di TPS, dan rencana simulasi “Pemungutan, Penghitungan Suara di TPS” itu nantinya akan di gelar pada tanggal 18 Maret 2019. (RP/02)